Batik Laweyan

Laweyen adalah salah satu sentral industri Batik di Solo. Ketika memasuki kampung ini saya seolah-olah kembali ke masa lalu.Begitu banyak bangunan tua yang menjulang tinggi dengan dipisahkan jalan yang sempit,seakan mengingatkan kita akan kejayaan kampung ini dimasa lalu.

Dikampung ini banyak sekali terdapat tempat pembuatan sekaligus penjualan batik.salah satunya adalah batik manis,di tempat ini dijual berbagai jenis batik,mulai dari batik cap sampai batik tulis.Begitu juga dengan harganya mulai dari yang termurah sampai yang termahal.Di tempat ini pula saya melihat proses pembuatan batik mulai dari awal sampai proses pengepakan.

Ada dua macam batik yang dibuat yaitu batik tulis dan batik cap.Batik tulis dibuat dengan menuliskan motif-motif batik dengan tangan dengan mengunakan malam.sedangkan batik cap dengan dicap.setelah proses diatas kemudian batik batik diberi warna kemudian dicuci dan setelah dicuci kemudian dikeringkan,setelah kering batik kemudian dikemas dan siap untuk dipasarkan.

Gerbang “Gapura ” Kampung Batik Lawean
Setelah memasuki gerbang tersebut kita akan disuguhi bangunan-bangunan tua yang menjulang tinggi dengan dipisahkan jalan yang sempit yang seolah-olah membawa kita kemasa lalu.

Jenis Batik Laweyan
Ada dua jenis batik yaitu batik tulis dan batik cetak.Gambar diatas merupakan contoh proses pembuatan batik tulis,yakni batik yang dibuat secara manual dengan cara menuliskan malam pada kain yang akan dibuat batik sesuai dengan motif yang diinginkan.

Tempat Pewarnaan Dan Pencucian Batik
Setelah batik ditulis ataupun dicetak sesuai motif yang diinginkan kemudian batik diberi warna,setelah itu kemudian batik dicuci dan kemudian dikeringkan.

Proses Pengepakan Batik
Setelah kering batik kemudian melalui proses pengepakan dan siap untuk dipasarkan.

2 Response to Batik Laweyan

Anonim
21 Juli 2011 03.13

wow..
luar biasa...
hebat..

kalau boleh tau, kalau kita mau belajar membatik itu gimana ya?

16 Mei 2013 12.37

batiknya bagus bagus yah kulkan grosirnya kmn

Posting Komentar